FAKTA Penyebab Nyeri Perut Ketika Datang Bulan

. . Tidak ada komentar:
Banyak wanita Indonesia yang belum mengetahui kebenaran alami yang selalu ia rasakan tiap datang bulan. Sakit perut ketika datang bulan kadang sangat mengganggu aktivitas kita, coba aja bayangin saat kita menghadapi ujian, atau pertemuan penting yang menuntut penampilan dan konsentrasi tinggi, pasti sakit nyeri perut akibat haid ini sangat tidak nyaman.

Sebenarnya apa sih yang terjadi sehingga agenda bulanan wanita ini mengakibatkan sakit hebat di sekitar perut?

FAKTA Penyebab Nyeri Perut Ketika Datang Bulan
Nyeri haid
Dokter spesialis kandungan RSCM menuturkan bahwa kram saat haid disebabkan oleh rahim yang berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi. Selain itu, ada sebuah zat seperti hormon yang dapat menimbulkan rasa sakit bahkan infeksi pada rahim yang disebut prostaglandin. Semakin banyak prostaglandin ini, maka semakin hebat nyeri sakit kram yang dirasakan.

Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari nyeri atau kram perut saat menstruasi, yaitu:

Endometriosis
Endometrium adalah sebuah lapisan yang bertugas untuk melindungi rahim, dan letaknya seharusnya di dalam rahim. Namun pada penyakit endometriosis, lapisan tersebut justru berada di luar. Hal inilah yang membuat perut menjadi kram saat haid.

Fibroid uterus
Fibroid uterus merupakan salah satu jenis tumor jinak, namun tidak berisiko menjadi kanker. Daging yang tumbuh inilah yang dapat menjadi penyebab kram perut. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini juga bisa menjadi ganas.

Pelvic Inflammatory disease (PID) atau Radang panggul
Penyakit ini adalah peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri yang ditularkan secara ketika berhubungan badan. Jika terjadi peradangan pada panggul, hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya kram saat menstruasi.

Mulut rahim yang sempit
Sebagian wanita memiliki mulut rahim yang cukup sempit. Hal ini kemudian menghalangi keluarnya darah saat haid, dan inilah yang menyebabkan terjadinya kram.

Inspirasi Baru :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Email spam (eg: penawaran produk, dll), email akan ditampilkan sebagai email spammer! Terimakasih